10 December 2009

SERAT JAMIN HIDUP SEHAT


Asupan serat sering jadi masalah bagi banyak orang. Kecenderungan ini bukan semata hanya karena pengaruh usia. Faktanya kini kalangan profesional muda juga mengalaminya. Pemicunya gaya hidup dan tuntutan kehidupan modern yang menjadikan kesibukan sebagai rutinitas, sehingga pola makan jadi tidak seimbang. Sejatinya serat penting untuk menjamin hidup lebih sehat.

RAGAM MANFAAT SERAT

* Serat makanan (dietary fiber) adalah komponen dalam tanaman yang tidak tercerna secara enzimatik menjadi bagian-bagian yang dapat diserap di saluran pencernaan.
Serat baik untuk menurunkan kadar kolesterol dan mencegah konstipasi karena menyerap air ketika melewati saluran pencernaan, sehingga tekstur feses menjadi lunak. Agar terbebas dari masalah sembelit, konsumsi serat harus diimbangi dengan asupan air yang cukup. Jika kurang minum, serat akan memperparah sembelit atau gangguan pada usus besar.

* Serat tidak hanya membuat perut terasa lebih penuh, tapi juga mengurangi masalah pencernaan, termasuk memangkas resiko kanker kolon.

* Beberapa penelitian menunjukkan, dalam jumlah besar serat bisa membantu mengatur kadar gula darah dan insulin. Ini sebabnya, orang yang sering mengonsumsi serat cenderung lebih langsing.

* Asupan serat tinggi ( khususnya produk serealia) terbukti memperlambat timbulnya plak oleh kolesterol pada wanita yang menderita penyakit jantung.

* Konsumsi serat yang cukup akan melindungi jantung dengan menurunkan kolesterol jahat ( LDL ) tanpa mengurangi kadar kolesterol baik (HDL ). Ini karena pangan tinggi serat umumnya rendah kandungan lemak jenuh dan kolesterol.

* Serat membuat makan jadi lebih lambat dan perut cepat terasa penuh, sehingga cocok untuk metode menurunkan berat badan dan mengontrol kalori.

* Adanya serat meningkatkan pelepasan enzim pencernaan dan mengatur hormon pankreas.

* Serat yang cukup membantu kerja usus, mengurangi resiko divertikulosis ( terbentuknya kantong tidak normal pada dinding usus ), wasir, serta meningkatkan kecepatan melenyapkan zat-zat berbahaya dalam makanan.

* Serat yang larut sangat lembut dan dapat menolong mereka yang mengalami iritasi pada usus.




Semoga bermanfaat, salam
Sumber:GHS

No comments:

Post a Comment

Loading...