20 December 2009

CARA PRAKTIS MELAWAN FLU


Penyakit flu biasa mewabah di musim penghujan,simak ya panduan dari Vaden Health Center, Stanford university, AS, ini untuk meringankan derita karena flu :

1. Banyak minum, terutama ketika sedang demam. Pilih minuman teh hangat, air putih, sup ayam atau sayuran, dan jus buah.

2. Saat kena flu, nafsu makan biasanya hilang, usahakan makan sedikit-sedikit setiap 2 jam.Makanan rendah lemak paling cocok dikonsumsi untuk mengisi perut kosong bila sedang flu. Sebaliknya, makanan kaya lemak malah akan membuat perut mual dan ingin muntah. Karena itu usahakan mengasup makanan ringan tapi hangat, seperti sup ayam atau sayuran hangat.

3. Upayakan mengonsumsi protein yang merupakan zat gizi untuk memulihkan kesehatan. pilih sumber protein seperti daging ayam, ikan atau telur. Yoghurt, susu, tempe atau tahu juga bisa jadi pilihan sumber protein yang sehat.

4. Jangan lupa mengonsumsi buah dan sayur yang bisa memperkuat sistem kekebalan tubuh. Termasuk di dalamnya jeruk, grapefruit, brokoli, bayam, pepaya, dan lain-lain.

5. Bila flu disertai diare, konsumsilah buah pisang untuk meringankan diare. Berhentilah mengonsumsi susu dan produk susu karena kemampuan tubuh untuk mencernanya menjadi menurun saat kita diare.




Semoga bermanfaat, salam
Sumber:GHS

No comments:

Post a Comment