20 December 2009

KIAT SEHAT SAAT BERHAJI


Menjaga kesehatan sangat penting bagi kelancaran ibadah haji, khususnya bagi calon haji yang datang dari negara berbeda suhu udaranya.
Berikut kiat saat berhaji menurut Mariam A. Alireza, pengarang buku " Kiat Pertolongan Pertama Anda Saat Berhaji, seperti dikutip Arab News:

1. Sebelu berangkat, perhatikan asupan nutrisi dengan lebih banyak mengonsumsi buah dan sayuran. Sayuran hijau seperti bayam,buncis, brokoli, dan buah segar memasok antioksidan dan bioflafonoid. Khusus jeruk (lemon), menjaga tubuh dari infeksi atau kuman.

2. Konsumsi menu makan seimbang antara protein 9 ikan, ayam ), karbohidrat (nasi atau roti gandum ), dan lemak (kacang).

3. Rempah-rempah seperti jahe, kayu manis, pala, dan lada meningkatkan sistim imun tubuh.

4. Sebagai camilan, makan buah segar atau yang dikeringkan. Hindari gorengan, makanan berpewarna dan pengawet yang bisa melemahkan sistem kekebalan tubuh.

5. Pemanis buatan seperti aspartam bisa merusak jaringan saraf dan berbahaya bagi jaringan otak dan tubuh, apalagi jika dipanaskan di atas suhu 30 derajat celcius.

6. Minumlah air yang sudah disterilkan, bukan air kemasan, apalagi yang terkena sinar matahari karena kemasan plastik dapat mengontaminasi air.

7. Hindari konsumsi minuman soda dengan pemanis karena dapat melemahkan kemampuan tubuh menghadapi infeksi bakteri dan virus.

8. Teh herbal yang dibubuhi cengkih, mint, rosemary, serai, jahe, bisa menawar racun dan menghindari infeksi.

9. Racikan teh dengan madu berkhasiat meningkatkan kekebalan tubuh dari infeksi flu babi (H1N1) dan influenza.

10. Sup berbumbu bawang putih, bawang merah, atau bubuk cayenne ( semacam ketumbar atau lada) bisa meningkatkan kekebalan tubuh, sedangkan yoghurt yang dibubuhi sedikit garam dapat mempertahankan zat air dalam tubuh.

11. Calon haji yang mengidap hipertensi dilarang mengonsumsi garam berlebihan.

12. Daun basilica dan bunga star anis dianjurkan dalam pengobatan Cina untuk melawan H1N1 dan virus lainnya. Star anis lebih manjur jika dikonsumsi dengan air hangat saat perut kosong. Sementara 20 lembar daun basilica yang diteguk dengan air hangat di pagi hari dapat mencegah virus H1N1 atau paling tidak meminimalkan gejalanya.

13. Konsumsi multivitamin, vitamin C dosis tinggi dengan bioflavonoid serta suplemen mineral berisi zat besi dan selenium. Pasokan N-acetylcysteine dosis di atas 1.000 mg per hari dan L-Lysine 500 mg saat perut kosong juga bisa menekan gejala H1N1.

14. Ekstrak jamur maitake, shiitake reishi bisa dikonsumsi untuk mendukung sistem kekebalan tubuh melawan infeksi virus.

15. Hangatkan tubuh di pagi hari selama beberapa menit untuk memberi kesempatan kulit mensintesis vitamin D, nutrisi yang akan menyuburkan sel tubuh dan membangun kekebalan. Sinar matahari dapat membunuh kuman dan virus di udara dan menaikkan suhu badan. Namun, berjemur di panas matahari terlalu lama dapat mengakibatkan kulit terbakar ( sanburn) atau stroke (heatstroke0.


Semoga bermanfaat, salam
Sumber:GHS

No comments:

Post a Comment