31 March 2009

ROSELLA, MUJARAB TURUNKAN KADAR KOLESTEROL DAN MEMPERLAMBAT PENUAAN DINI








Satu lagi tanaman obat keluarga yang mudah ditanam di wilayah indonesia, kaya akan manfaat dan cantik untuk di pelihara di pekarangan rumah kita. ya, tanaman ROSELLA. nama yang begitu cantik bukan?? warna bunganya pun merah merona, rasa kelopak bunga yang asam menjadi ciri khas bunga penuh khasiat ini.
Mau tahu apa saja khasiat bunga yang satu ini?simak aja yah....

KANDUNGAN DAN KHASIAT:

Kandungan utama rosella: Vitamin C,A,D,B1 dan B2, Antioksidan, Anthocyanin zat besi, magnesium, dan omega 3, Betakaroten.

MANFAAT UNTUK KESEHATAN :
Teh Rosella membantu menurunkan kadar kolesterol, menormalkan tekanan darah, mengatasi batuk, sakit tenggorokan dan sariawan,mengurangi berat badan, melancarkan buang air besar, mencegah pengeroposan tulang, penambah stamina, dan menjaga daya tahan tubuh.

MANFAAT UNTUK KECANTIKAN :
Menjaga kehalusan kulit dan mengurangi keriput. ini karena kandungan Vit C nya tinggi. " Rosella lebih baik dari anggur merah dalam menangkal radikal bebas pada kulit.

Rosella banyak kita jumpai dalam kondisi telah dikeringkan terlebih dahulu, baru dikemas, ada juga rosela yang telah dikemas dalam bentuk teh celup untuk memudahkan para konsumen dalam penyajiannya.

KONTRAINDIKASI/ EFEK SAMPING:
Belum ditemukan adanya efek samping dalam mengkonsumsi rosella, namun sangat tidak dianjurkan untuk penderita tekanan darah rendah. Hal ini karena salah satu fungsinya yang dapat menurunkan tekanan darah.
Pada wanita bertekanan darah rendah ( hipotensi ), cukup konsumsi sirup rosella 1/2 gelas sehari. kalau orang yang sehat-sehat saja tanpa keluhan penyakit, boleh minum 3x sehari.
MESTI DIINGAT!Sebaik apapun produk bila dikonsumsi berlebihan, hasilnya jadi tidak baik.

PEMANFAATAN BUNGA ROSELLA

Bunga dan biji yang sudah dikeringkan dapat dimanfaatkan menjadi minuman yang baik untuk kesehatan:
1. TEH HANGAT
Seduh 3-4 buah kelopak bunga rosella dengan 1 gelas air mendidih, bisa ditambahkan gula/ madu sesuai selera. Rasanya agak asam bila tanpa gula/ madu, tapi itulah ciri khas bunga rosella.
Untuk menurunkan kolesterol, minuman ini tidak disarankan untuk direbus, tapi cukup diseduh air mendidih pada sebuah gelas. Selanjutnya tutup gelas sampai air berubah warna merah. minum setelah bunga rosella diangkat dari gelas.

2. SIRUP DAN SELAI

Rebus 1 ons bunga rosella kering bersama 2 liter air diatas api kecil. rebus hingga tinggal setengahnya selama 30 menit, lalu campur dengan gula pasir secukupnya dan daun pandan jika suka.
Sirup tidak menggunakan bahan pengawet. Apalagi, gula sendiri berfungsi sebagai pengawet alami minuman. Daya tahan sirup bisa mencapai 4 bulan dengan penyimpanan yang baik. Usahakan menyimpan sirup dalam botol kaca atau beling karena botol plastik kurang baik untuk kesehatan.
Akan lebih baik jika sebelum ditutup, botol dididihkan kembali agar bakteri mati sehingga kemasan steril.Jika untuk ,mengurangi kolesterol dan menekan kadar gula dalam darah, sirup rosella sebaiknya tidak dikonsumsi bersama gula pasir.
Bahan yang sama juga diperlukan jika ingin mengolah bunga rosella menjadi selai, hanya airnya disedikitkan dan waktu yang dibutuhkan untuk merebus lebih lama.

3. KOPI

Sangrai biji bunga rosella yang telah dikeringkan. Tumbuk halus lalu simpan dalam toples.
Cara mengonsumsinya sama seperti saat kita menyeduh kopi.
Minuman ini dapat membantu tidur menjadi lebih nyenyak.

Semoga bermanfaat...

Sumber GHS.

1 comment:

  1. maaf mbak boleh tanya nama mbak siapa? soalnya saya butuh nama mbak sebagai referensi di makalah.. terima kasih.. thiarastephanie219@yahoo.com

    ReplyDelete

Loading...