11 March 2009

KIAT- KIAT SEHATKAN EMOSI



Dizaman yang sekarang ini, semua technology dan informasi serba canggih dan menakjubkan tentunya membutuhkan kualitas emosi yang canggih juga tentunya. namun kebanyakan orang tidak pernah memperhatikan bagaimana mengungkapkan sikap emosi yang sehat itu.berikut kiat-kiat sehatkan emosi yang bisa kita terapkan dalam hidup sehari-hari kita:

1. BERIBADAH dan BERDOA LEBIH TEKUN DARI BIASANYA

Dengan beribadah dan berdoa kita bisa mengutarakan semua beban pikiran yang
mengganggu hidup kita. kita bisa berbagi masalah sekaligus mengeluarkan beban
diri kita saat kita berdoa pada NYA.resapi indahnya berdoa hingga cucuran airmata
membasahi wajah kita. keluarkan semua penyesalan yang ada dalam hati kita dan
semua kesalahan yang pernah kita lakukan berharap di hapuskan olehNYA..dan
rasakan betapa leganya sesaat setelah kita mengakui semuanya pada TUHAN YME.
Berjanji pada diri sendiri dan padaNYA takkan lakukan kesalahan yang sama lagi.

2. EKPRESIKAN DIRI

Jangan berpikir, berkata, ataupun bertindak untuk memenuhi apa yang orang lain
inginkan dari diri anda. Tunjukkan kepada dunia diri Anda sebenarnya. Percaya
saja bahwa anda cantik/ cakep seperti apa adanya. Dengan begitu anda akan terbuka
untuk berusaha makin sehat dan bahagia.

3. SEMUA EMOSI ITU BAIK

Yang penting bukan memberi label negatif atau positif pada Emosi Anda, tetapi
temukan keseimbangan dari keduanya. Hargai diri anda dan seluruh emosi anda.

4. BELAJAR MEMAAFKAN

Memaafkan adalah membebaskan diri dari penyakit, membiarkan segala emosi yang
menyakitkan pergi. Memaafkan berarti meraih kemerdekaan Anda kembali dan
memampukan diri anda untuk maju.

5. MENERIMA PENOLAKAN

Ini sama dahsyatnya dengan memaafkan

6. SELALU OPTIMIS

Inilah cara melihat dunia dalam cahaya positif. Gunakan hanya kata-kata positif
seperti " aku bisa " , " saya mampu " ," ini sangat mungkin dilakukan " , dll.
Lakukan dialog didalam diri anda dengan perasaan bahagia, kuat dan sukses.

7. KUAT DAN SUKSES

Hitung karunia yang sudah anda terima. belajarlah mensyukurinya. Anda bisa
menyimpannya dalam catatan. Atau dalam rupa pakaian, permata, bahwa tato yang
mengingatkan anda pada hal2 yang membanggakan itu.

8. KONEKSIKAN TUBUH, PIKIRAN, DAN EMOSI

Apapun yang anda lakukan, libatkan pikiran dan emosi. Makan secara sehat, tidur
cukup, olahraga teratur, sering tertawa dan bagi yang sudah menikah lakukanlah
seks sehat yang akan menyehatkan emosi anda.

9. KELOLA STRESS
Bisa dengan berolahraga, jalan2, berkebun, dll

10. LAKUKAN HAL-HAL YANG BAIK

Bersikap baik terhadap teman maupun orang asing

11. PANCARKAN CINTA

Bukalah hati anda dan rasakan kenikmatannya

12. NIKMATI HIDUP

Tertawalah dan bebaskan diri. Lakukan apa yang Anda sukai, dan cintai apa yang
sedang anda jalani.

13. JAGA HUBUNGAN

Hubungan pribadi, hubungan kerja maupun hubungan pertemanan yang kuat dapat
menyehatkan emosi anda.


Mudah2an kita semua bisa mengatur emosi yang ada pada diri kita ini agar menjadi sebuah emosi yag sehat. tidak merugikan diri sendiri maupun merugikan orang lain.

Sumber :GHS

No comments:

Post a Comment

Loading...