16 March 2009

HATI.....ORGAN VITAL YANG HARUS DILINDUNGI..!!





Mengingat banyaknya pekerjaan yang dilakukan hati kita, sudah sepantasnyalah organ tubuh terbesar ini mendapatkan perlindungan terbaik agar kesehatannya terjaga.seperti halnya lagu religi Aa' Gym..." Jagalah hati, jangan kau nodai..jagalah hati lentera hidup ini....".

Hati atau Lever merupakan organ tubuh terbsar, kompleks dan sangat penting untuk metabolisme tubuh. beratnya -+ 1,5kg - 2 kg yang memiliki ratusan fungsi vital dalam tubuh.
Dari setiap apa yang kita makan dan minum, udara yang kita hirup, dan semua yang terserap melalui kulit, akan berakhir di lever. Dengan kata lain, semua hal yang masuk kedalam tubuh pasti akan melewati lever.

MENYARING DARAH

Ada 3 fungsi utama dari hati/ lever yaitu: VASKULAR, SEKRESI dan METABOLIK.

Fungsi Vaskular ditandai dengan proses penyaringan darah. Setidaknya lever menyaring lebih dari seliter darah setiap menitnya.Penyaringan membuat lever secara efektif mengeluarkan bakteri dan racun-racun dalam tubuh.
Untuk proses pencernaan, lever akan menghasilkan empedu. Sekitar 1 liter empedu dihasilkan setiap hari guna mencerna lemak maupun mengeluarkan racun. Empedu juga menyerap bahan2 larut lemak yang secara kimiawi akan mengubah makanan menjadi vitamin dan enzim, mengubah karbohidrat dan protein menjadi glukosa, bahan bakar bagi otak, dan glikogen untuk energi otot dan penyimpanan zat gizi.

Dengan banyaknya fungsi lever, tak terbayangkan bila manusia hidup tanpa lever. yang sudah pasti tubuh tidak akan dapat berfungsi dalam proses penyaringan makanan dan penyerapan zat gizi, maupun pengeluaran racun yang diperoleh dari sisa-sisa metabolisme ( detoksifikasi ) itu dari dalam tubuh.

Bisa dipastikan kita tidak bisa hidup!Karena itu lever harus dijaga dan dilindungi. Jangankan hilang, lever yang rusak saja, meski dengan kerusakan minor, tidak mampu menyaring makanan dengan baik. Akibatnya lever tidak mampu melakukan fungsi detoksifikasi secepat lever yang sehat.

LAKUKAN PENGAMANAN

Gangguan lever juga dapat terjadi akibat peradangan.
Penyebab peradangan adalah inveksi virus yang dimasa kini semakin banyak, yaitu HEPATITIS.
3 jenis virus hepatitis yang banyak diderita masyarakat adalah: Hepatitis A, B, dan C. Ketiganya sebenarnya tidak perlu terjadi, alias bisa dicegah.

Virus Hepatitis A ditularkan melalui makanan dan minuman yang tercemar oleh virus. Selain ditularkan oleh lalt, juga bisa melalui alat makan/ minum yang di pakai bersama.
Virus Hepatitis B dan C ditularkan melalui cairan darah ( misalnya transfusi ), sperma, dan cairan vagina.

Untuk menjaga lever tetap sehat, perhatikan setiap hal yang berpotensi menimbulkan gangguan lever dan lakukan pengamanan, seperti:
1. Jika terpaksa minum alkohol, minum secukupnya saja
2. Tidak mencampur obat dengan alkohol
3. Lakukan vaksinasi hepatitis, terutama bagi mereka yang beresiko tinggi
4. Gunakan obat resep, obat bebas, dan obat herbal secara bijak
5. Hindari kontak darah atau cairan tubuh dengan orang yang beresiko tinggi
6. Lindungi kulit dan bahan makanan dari paparan bahan kimia
7. Kurangi makanan berlemak
8. Berolahraga rutin dan cukup
9. Jaga berat badan normal

Segera konsultasi ke dokter bila ada perubahan warna kulit dan mata menjadi kekuningan, nyeri perut dan terjadi pembengkakan, kulit gatal tidak mereda, warna urin gelap, warna feses ( kotoran ) pucat atau berdarah, menderita kelelahan kronis, mual atau hilang nafsu makan. Semua itu pertanda lever bermasalah.

Sumber: GHS

No comments:

Post a Comment

Loading...