24 October 2008

CANTIK DAN SEHAT BERKAT MINYAK ZAITUN

Hai para sobat blogger tercinta, Kali ini tentang Minyak Zaitun.

Minyak zaitun sama dengan minyak kesehatan loh..minyak yg kaya komponen gizi ini dpt mempercantik dan melangsingkan tubuh, mencegah kanker, menurunkan kadar gula,ketombe, kulit kering,keriput serta menangkal osteoporosis, buat yg suka masak minyak zaitun juga berguna tuk memperkuat aroma masakan. komponen gizinya pun juga bermanfaat bagi kesehatan.

Tanaman zaitun terkenal sejak 3000 SM diperkirakan berasal dari Timur Tengah.saat ini selain di Timur Tengah, Spanyol, Italia, Yunani,Portugal dan Turki merupakan pusat penghasil minyak zaitun terbesar di dunia.
Zaitun termasuk jenis Olea Europaea dari keluarga Oleaceae.Dalam bentuk buah, zaitun muda yg berwarna hijau kekuningan kerap disantap begitu saja atau sebagai penambah rasa. zaitun matang berwarna hitam biasanya dibuat acar atau diperas diambil minyaknya.

Buah zaitun matang mengandung 80% air, 15% minyak, serta 1% protein, karbohidrat dan serat. untuk menghasilkan buah dan berproduksi secara penuh pohon zaitu harus berumur 15-20 tahun.
Berdasarkan jenisnya minyak zaitun dibagi menjadi :

1. EXTRA VIRGIN OLIVE OIL ( tingkat keasaman < dari 1% )
2. VIRGIN OLIVE OIL ( hampir sama dengan extra virgin olive oil ( EVOO)bedanya VOO
diambil dari buah yg lebih matang dan punya tingkat keasaman lebih tinggi.
3. REFINED OLIVE OIL( berasal dari hasil penyulingan.tingkat keasamannya 3,3%.
aromanya kurang begitu baik dan rasanya kurang menggugah lidah)
4. PURE OLIVE OIL ( paling banyak dijual dipasaran krn warna, aroma dan rasanya lebih
ringan dari VOO).
5. LIGHT OLIVE OIL ( 5 & 6 merupakan campuran minyak zaitun murni dan hasil sulingan
sehingga kualitasnya kurang begitu baik, namun jenis ini cukup populer krn murah
harganya lebih murah dari yg lain.
6. EXTRA LIGHT OLIVE OIL

Sebelum membeli, sebaiknya perhatikan labelnya karena mutunya akan berkurang dengan semakin lamanya penyimpanan.minyak zaitun sebaiknya dibeli sesuai kebutuhan saja, simpan dalam suhu 14 derajat Celcius dalam botol gelap. jangan menyimpan dalam lemari tanpa sirkulasi udara yang baik.

SUMBER SQUELENE

Squelene adalah: zat organik berupa cairan encer tetapi bukan minyak karena tidak mengandung asam lemak atau gugusan COOH ( karboksil), berwara semu kuning atau putih bening, berbau khas.secara alamiah squelene terdapat didalam tubuh dan tersebar disemua organ dan jaringan bersifat serbaguna.contohnya squelene di kulit berfungsi sebagai komponen utama zat pelicin.

Minyak zaitun mengandung senyawa seperti Fenol, Tokoferol, Sterol, Pigmen, dan Squalene yang memegang peran penting dalam kesehatan. Ia juga mengandung Triasilgliserol yg sebagian besar berupa asam lemak tak jenuh tunggal jenis asam oleat( omega-9).kandungan asam oleat 55-83% dari total asam lemak.

Manfaat squelene: mengobati penyakit kanker,yaitu sebagai interferon inducer (IFN).
Interferon berfungsi meningkatkan jumlah maupun aktivitas sel natural killer ( NK ) atau lymphocytes.Dokter dan peneliti dibidang onkologi percaya peningkatan jumlah dan aktivitas sel NK pada pendrita kanker memberikan efek penyembuhan yang sangat baik. komponen ini juga meningkatkan daya tahan tubuh dari penyakit TBC,hepatitis,flu dll.squelene juga sangat baik bagi penderita diabetes karena ia berfungsi memperkuat dan memperbaikikelenjar pankreas. itu berarti berpengaruh positif terhadap penyembuhan penyakit diabetes melitus.

Kandungan zat gizi per 100 gram minyak zaitun:

Zat gizi : Kadar

Energi ( kkal ) : 884
Kalsium ( mg ) : 0,18
Besi ( mg) : 0,38
Magnesium ( mg ) : 0,01
Natrium ( mg ) : 0,04
Vitamin E ( mg ) : 12,4

Sumber:www.asiamaya.com


KAYA ANTIOKSIDAN

Salah satu komponen penting minyak zaitun adalah tokoferol (vit E )terdiri atas tokoferol alfa,beta, gama dan delta . Jenis alfa paling tinggi konsentrasinya, hampir mencapai 90% dari total tokoferol. karena itu minyak ini sangat ideal sebagai antioksidan.

CEGAH OBESITAS DAN OSTEOPOROSIS

Minyak zaitun bisa membuat tubuh langsing. hasil riset yang dimuat THE BRITISH JOURNAL OF NUTRITION menyebutkan penggunaan minyak zaitun untuk menggantikan minyak jenuh selama 4 minggu, tanpa mengubah pola makan, mampu mengurangi berat badan hingga 2-3 kg.
Penelitian lainmenyebutkan minya zaitun dapat memecah sel adiposit penyebab obesitas. Extra Virgin Olive Oil direkomendasikan utk menggantikan diet minyak lemak jenuh yang sering kita konsumsi.Berdasarkan publikasi dalam The British Journal of Nutrition minyak zaitun membantu mencegah osteoporosis, meskipun tidak memulihkan berat tulang yang hilang seluruhnya. uji yang dilakukan pada tikus menunjukkan pemberian minyak zaitun 50 g per kg berat tikus secara teratur selama 3 bulan, mampu memulihkan bobot tulang hingga 70-75 %

EFEKTIF MELAWAN KANKER

Minyak zaitun baik digunakan saat memasak daging. utk membuat daging bakar, gunakan kombinasi EVOO dan minyak zaitun biasa. saat menggoreng atau memanggang sapi/ayam terbentuk senyawa HCA ( amina-amina heterosiklis ) yaitu zat penyebab mutasi yang dapat merangsang munculnya radikal bebas dan merusak DNA.

Riset menunujukkan, HCA mengakibatkan kanker usus besar, payudara, pankreas, hati dan kandung kemih. HCA diduga bertanggung jawab terhadap meningkatnya insiden kanker payudara dan usus besar pada wanita di AS.

Penggunaan minyak zaitun utk proses pemasakan daging dapat mereduksi HCA. komponen fenolik pada VOO efektif utk melawan kanker usus sedangkan ekstrak komponen fenol dari VOO sebanyak 50 mkg/ml dpat mencegah pertumbuhan sel kanker kolon.

EFEKTIF UNTUK KULIT KERING DAN BERSISIK, KERIPUT DAN KETOMBE

Minyak zaitun juga sangat berguna untuk memberikan kelembaban yang alami pada kulit kering.tinggal di oles pada kulit yang bersisik/ pecah2, anda akan merasakan khasiatnya tersendiri...
Anda yang punya masalah dengan ketombe juga tak perlu repot2 membeli shampoo anti ketombe yang kadang2 malah membuat rambut makin rusak karena kandungan bermcm zat kimia didalamnya kini anda bisa mencoba memakai minyak zaitun khusus perawatan rambut, dan kulit hasilnya bisa dirasakan sendiri.

Selamat mencoba

Sumber : GHS dan berbagai sumber lainnya.

No comments:

Post a Comment