27 October 2008

BUAH KELENGKENG TUK ATASI VLEK HITAM DAN KERIPUT , SERTA ANTI KANKER LEHER RAHIM

Wah ternyata buah klengkeng(longan/ dimocapus longan, euphoria longana )tak hanya enak di makan saja loh, namun juga kaya akan manfaat buat kecantikan wajah. simak yach, semoga bermanfaat.

Buah ini berbentuk kecil dengan rasa yang sangat manis. dichina buah ini disebut buah mata naga,soalnya bila buahnya dipotong melintang mirip banget dengan mata naga.

MENGANDUNG ANTIOKSIDAN

Kandungan gizinya: protein, karbohidrat, serat kasar, vit C, dan mineral seperti kalsium, fosfor dan zat besi. dalam buah ini juga terdapat: senyawa polifenol, yaitu corilagin, gallic acid, dan ellagic acid.ketiga senyawa tersbt mengandung antioksidan.senyawa2 tersebut mempunyai kemampuan utk menangkal radikal bebas sehingga dapat mengurangi oksidasi dalam tubuh.

Dipercaya bahwa stroke, penyait jantung koroner, dan penuaan disebabkan oleh aktivitas oksidasi ini.

Berdasarkan journal food Chen Toxicology 2007 penelitian di Bangkok, Thailand kandungan polifenol didalam biji lengkeng jauh lebih banyak bila dibandingkan dengan daging buahnya. aktivitas oksidannya setara dengan teh hijau dari jepang.sudah kita ketahui bahwa kandungan antioksidan di teh hijau memang tinggi.

MENGATASI VLEK HITAM DAN KERUTAN

Manfaat lengkeng lebih banyak didapat dari bijinya ketimbang daging buahnya. biji klengkeng dapat digunakan sebagai :
1. Pemutihan kulit, karena pada bijinya terkandung zat yg dapat menghambat
aktivitas kerja enzim tyrosinase. jika kerja enzim tersebut tinggi, maka vlek2
coklat pada kulit akan semakin banyak.
2. Menghilangkan kerutan kulit, Ada zat yg terkandung di dalamnya yang dapat
menghambat penghancuran matriks dalam kulit oleh enzim Metalloprotease. hasilnya
adalah jika matriks kulit tidak hancur maka kerutan pada kulit akan berkurang.

MANFAAT UNTUK KESEHATAN

Daging lengkeng bermanfaat menurunkan demam dan menyembuhkan sakit perut. juga dapat dimanfaatkan sebagai obat cacing didalam perut, serta dapat menangkal racun, dipercaya juga dapatmembantu orang yang kesulitan tidur.

Di Vietnam, biji lengkeng dimanfaatkan sebagai obat penyembuh luka dan dapat mengobati jika terkena racun ular. biji lengkeng tersebut ditumbuk lebih dahulu. bubuk bijinya bisa diberikan di tempat yang luka.

Penelitian di China, memberi hasil bahwa biji lengkeng bermanfaat sebagai antiaging atau menghambat penuaan dini karena biji lengkeng itu bisa mengurangi pembentukan Monoamine oxidase ( MAO-B). jika MAO-B tinggi maka kita jadi tua.

Penelitian di jepang, daging lengkeng bermanfaat sebagai anti kanker leher rahim. karena daging lengkeng tersebut dapat menghambat kerja dari kanker leher rahim sebesar 90%. tingkat keberhasilan buah ini dalam menghambat kerja kanker leher rahim setara dengan obat medik yang biasa diberikan untuk pengobatan penyakit ini.penelitian ini sudah dimasukkan Nong's Materia Medika. jadi memang sudah tidak diragukan lagi kebenarannya.

Wah...gak disangka begitu banyak yach manfaat biji & daging buah klengkeng ini.Jadi tunggu apa lagi??

1 comment:

Loading...