30 October 2008

RAMUAN ALAMI ATASI GANGGUAN HATI

Hati merupakan salah satu organ terpenting yang berfungsi menyaring segala sesuatu yang masuk kedalam tubuh. Fungsi hati di dalam tubuh antara lain adalah sebagai pelindung dari infeksi. Caranya dengan membuang bakteri dan bahan beracun dari darah sehingga tubuh menjadi sehat. Hati juga bertugas menyimpan energi sebagai penggerak otot2 sekaligus berfungsi mengatur kadar gula darah, kolesterol, hormon dan enzym2.

Menurut Bapak Bambang Sudewo, dari PJ Sekar Kedaton Yogyakarta, temulawak ( curcuma xanthorrhiza) berkhasiat memperlancar produksi empedu ( koleritik ), menurunkan kadar kolesterol, menghilangkan nyeri, menurunkan panas badan, memperlancar pengeluaran empedu ke usus( kolagogum , menambah nafsu makan, anti radang, sembelit, tonikum, peluruh air seni, dan anti bakteri.

Disamping itu temulawak juga berkhasiat mengobati penyakit pada hati ( hepatoprotektor ), hepatitis, radang kulit( jerawat ), dan rematik artritis.
Kandungan kimia rimpang temulawak terdiri dari minyak atsiri, p-tolvilmetic kabinol, curcumin, telandren, sabinem, siscol, torneol, zingiberin, turmeron, atlanton, artumeron, ksantorizal, dan germarron.

Dalam percobaan farmakologis, minyak atsiri mempunyai efek koleritik,bakterisid, dan dapat melarutkan kolesterol. pemakaian dalam dosis tinggi dapat menurunkan enzim glutomat oksoloasetat transaminase dalam serum (SGPT).

Berikut ramuan alami dari bapak Bambang Sudewo, utk mengatasi gangguan pada hati :

RAMUAN 1

Bahan : 30 gr temulawak, 30 gr daun sendok, 20 gr sambiloto, 20 gr pegagan,
30 gr temu mangga, 4 gelas air.
Cara pemakaian : semua bahan di cuci bersih, lalu di iris2, kemudian rebus hingga
air rebusan tersisa 1 1/2 gelas.minum 3x sehari setelah makan.
masing2 1/2 gelas.


RAMUAN 2

Bahan : 3 jari tangan asparagus, 40 gr bit, 40 gr labu, 1 buah tomat, 30 gr
pepaya, 1/2 gelas air

cara pemakaian :semua bahan di cuci bersih lalu iris. kemudian di jus hingga lembut.
minum sehari sekali pada pagi hari sebelum makan.

RAMUAN 3

Bahan : 30 gr daun dewa, 30 gr akar alang2, 30 gr mengkudu, 20 gr daun
mimba, 20 gr brotowali, 3 gelas air.
cara pemakaian : semua bahan di cuci bersih lalu iris.kemudian rebus hingga air
rebusan tersisa 11/2 gelas. minum 3 x sehari, masing2 1/2 gelas.

Terimakasih Banyak untuk Bapak Bambang Sudewo yang telah menemukan ramuan alami tersebut. semoga kesuksesan senantiasa dikaruniakan untuknya.dan semoga bermanfaat bagi yang memerlukannya.



Sumber : Tabloid Gaya Hidup Sehat

No comments:

Post a Comment