07 January 2011

BERAS KENCUR BISA MERAMPINGKAN, MENYEHATKAN DAN MENYEGARKAN TUBUH USAI MELAHIRKAN

Tubuh langsing, singset dan awet muda adalah dambaan wanita. Diet ketat pun kerap dilakukan untuk mencapai berat badan ideal.Kegemukan pasca nifas akibat kenaikan berat badan tidak terkontrol semasa hamil.
Bagaimana agar tubuh kembali sehat dan segar seusai melahirkan? Simaklah tulisan yang saya dapatkan berikut.....

Usai melahirkan, untuk mempercepat pengempesan perut, dapat menggunakan obat-obat sederhana seperti jeruk nipis, kapur sirih, dan minyak kayu putih.
Campur semua bahan tersebut menjadi satu, lalu balurkan secara merata di perut setelah mandi.
Jeruk nipis bermanfaat membuka pori-pori kulit sehingga memudahkan obat lain masuk melalui kulit. Sedangkan kapur sirih berguna mengurangi lemak dan menghangatkan badan.

Selain itu juga bisa menggunakan beras kencur. Ramuan alami ini dapat mengatasi perut atau rahim yang kendor, sehingga kembali akan singset seperti sebelum hamil. Bahkan kalau anda rajin minum beras kencur, selain rahim akan mengecil, juga mengurangi kemungkinan infeksi dalam kandungan. Anda pun bisa membuat sendiri ramuan ini, sehingga lebih alami dan tidak tercampur zat kimia.

Untuk meracik beras kencur, sediakan 3 sendok makan beras, jahe sepotong besar, kunyit kecil, gula merah 125 gram, asam jawa 1 sendok makan, garam, jeruk nipis 1 butir dan sedikit daun pandan. Rendam beras selama 3 jam. Gula, kunyit, asam,jahe, dan daun pandan direbus dengan 3 gelas air, kemudian disaring.

Kencur, jahe dan kunyit ( yang diambil setelah direbus), digiling dengan beras. Sesudah halus, air rebusan tadi sedikit demi sedikit dicampurkan pada gilingan rempah-rempah tadi. Saringlah dengan kain yang bersih. Terakhir, peraslah jeruk nipis dan bubuhi garam secukupnya. Kalau kurang manis tambahkan gula pasir. Ramuan siap diminum.



Selamat mencoba, semoga bermanfaat,
Salam.





No comments:

Post a Comment

Loading...