07 January 2011

BANGLE, KECILKAN PERUT PASCA MELAHIRKAN

Bangle (Zingiber purpureum Roxb), digolongkan sebagai rempah-rempah yang memiliki khasiat obat, salah satunya adalah untuk mengecilkan perut perempuan setelah melahirkan. Tanaman ini tumbuh di daerah Asia Tropika, mulai dari dataran rendah sampai 1.300 m dpi.

Jenis herba ini harus cukup mendapat sinar matahari. Pertumbuhannya akan terhambat pada tanah yang tergenang atau becek dan dapat membuat rimpang menjadi cepat busuk. Tinggi tanaman semusim ini sekitar 1-1.5 m dengan batang semu dan terdiri dari pelepah daun yang dipinggir ujungnya bermbut sikat. Bentuk daun tunggal dengan letak berseling dan berwarna hijau. Bunganya bunga majemuk, berbentuk tandan dan keluar di ujung batang. Daun kelopak tersusun seperti sisik tebal dengan ujung bergerigi tiga dan warna merah menyala.

KANDUNGAN:

Rimpang pada herbal ini memiliki bau khas aromatik dengan rasa agak pahit dan pedas. Dalam rimpang ini terkandung minyak atsiri ( sineol, pinen), damar, pati dan tanin.

KHASIATNYA:

Selain digunakan sebagai ramuan jamu pada perempuan setelah melahirkan, mengecilkan perut setelah melahirkan dan juga kegemukan, bangle juga dipercaya dapat mengatasi berbagai macam penyakit. Rimpangnya dapat dimanfaatkan untuk mengobati demam, sakit kepala, batuk, perut nyeri, masuk angin, sembelit, sakit kuning, cacingan dan reumatik.

CARA PEMAKAIAN:

1. MENGECILKAN PERUT SETELAH MELAHIRKAN: sediakan rimpang bangle secukupnya lalu dicuci dan parut. Letakkan hasil parutan tadi pada bagian perut.

2. KEGEMUKAN/ MENGURANGI LEMAK TUBUH: siapkan sepotong rimpang bangle dan 7 lembar daun jati belanda. cuci bersih, lalu rebus kedua bahan tersebut bersama 1.5 gelas air bersih sampai tersisa 1 gelas. Setelah dingin, saring ramuan, lalu pisahkan untuk 2 kali minum, pagi dan sore hari.



Selamat mencoba, semoga bermanfaat
salam






No comments:

Post a Comment

Loading...