31 January 2011

SEPATU HAK TINGGI /HIGH HEELS BISA SEBABKAN VARISES dan EKSIM

Kelelahan pada otot betis akibat terlalu lama memakai sepatu berhak tinggi bisa menimblkan kram. Jika dibiarkan saja, lama kelamaan varises akan timbul karena aliran darah tidak dapat berbalik. Tumit pecah-pecah dan eksim serta kaki yang menghitam pun bisa timbul sebagai dampak lanjut penggunaan sepatu berhak tinggi. Mengapa demikian?Mari kita simak bersama-sama.

Memakai high heels sepintas membuat wanita menjadi cantik. Tubuhnya menjadi terlihat tinggi semampai dan jenjang. Maka tidak heran banyak wanita menyukai sekali memakai sepatu tipe ini, tanpa mereka sadar sejumlah masalah siap menghampiri.

Namun, mereka yang sering memakai high heels akan mengalami pegal dan lama kelamaan menjadi nyeri pada otot betisnya.
Menurut dr. Bambang Dwipayana, SpKK, dokter spesialis kulit dan kelamin dari RS Awal Bros, akibat seringnya tertarik, otot pada bagian betis akan mengalami kram dan mengeras. ALiran darah pada ujung kaki hingga betis yang akan kembali ke jantung juga akan mengalami gangguan. Pembuluh darah vena pada kaki hingga betis yang akan kembali ke jantung juga akan mengalami gangguan.
Pembuluh darah vena pada kaki akan mengalami tekanan sehingga menimbulkan varises.Varises akan makin cepat timbul jika yang bersangkutan secara genetis memang memiliki riwayat varises.

Dr.Siti Annisa Nuhoni,SpKFR, medik di Departemen Rehabilitasi Medik/RSCM/FKUI juga melihat akibat memakai sepatu berhak tinggi ini akan membuat perubahan pada ibu jari telapak kaki serta penebalan pada tumit hingga akhirnya pecah-pecah.

USIA 40 TAHUN

Pada usia muda meski sering memakai high heels, kelelahan pada otot betis tidak terlalu cepat terjadi karena elastisitas otot pada betis masih sangat bagus. Bahkan karena terbiasa memakai sepatu berhak tinggi, saat mereka harus menggunakan sepatu berhak datar rasanya malah kurang nyaman.
Namun kondisi ini akan jadi terbalik pada mereka yang berusia menjelang 40 tahun. Penggunaan sepatu hak menjulang membuat kaki cepat pegal bahkan berasa nyeri kesemutan. Lama kelamaan rasa sakit bisa menjalar sampai pinggang,punggung,dan leher.

Bahkan sikap badan/postur pemakai juga bisa ikut berubah.Menjadi lebih condong ke depan. Jika hal ini dibiarkan makan kondisi iniakan sulit diperbaiki.Padahal sebenarnya tulang-tulang pada manusia ada dalam posisi yang kuat dan cukup toleransi terhadap perubahan bentuk.Namun kelelahan otot menimbulkan yang bersangkutan mengalami gangguan dan keterbatasan gerak karena nyeri.


MEMICU EKSIM

Varises yang timbul akibat penggunaan sepatu hak tinggi bisa menimbulkan gejal-gajala lain, misalnya eksim.
Varises yang berat aliran darah baliknya terganggu maka terjadilah pembengkakan dikaki. Pembengkakan akan memicu eksim karena aliran darah yang tidak mengalir lancar atau disebut dermatitis.

Dermatitis akibat aliran darahnya yang tertahan itu bisa terjadi luka itu dinamakan ulkustatis Hal ini disebabkan oleh pembuluh darah yang bengkak di ujung kaki. Jaringannya pun ikut rusak dan kaki menjadi menghitam.


JANGAN DIPAKAI TERUS MENERUS


Meski terlihat cantik dipakai, jangan terus menerus menggunakan high heels. Perlu istirahat jika memang sedang tidak digunakan.
Gunakan sepatu high heels ini secukupnya. Misalnya pada saat pesta, bahkan sebelum pesta dimulai, ada baiknya tetap menggunakan sepatu datar atau sandal saja.

Saat ditempat pesta, penggunaan sepatu juga sebaiknya sesekali dilepas untuk kemudian melakukan gerakan ringan untuk menghilangkan kepenatan.Caranya dengan menggerakkan engkel pada pergelangan kaki digerakkan ke atas , ke bawah secara perlahan-lahan hingga otot-ototnya melentur kembali.

Sedikit tekukan badan sehingga otot-otot yang tadinya agak dipaksa berkontraksi bisa menjadi lebih rileks.
Nah, jika siang harinya menggunakan sepatu berhak tinggi maka sebaiknya saat tidur, posisi kaki lebih tinggi daripada badan atau diangkat.Sesekali tidak ada salahnya juga merendam kaki dalam larutan air garam yang hangat hingga mampu mengurangi rasa lelah.


TIPS TETAP SEHAT MESKI BERSEPATU HAK TINGGI

* Jangan terlalu lama memakai high heels. Jika sudah kelelahan, segeralah istirahat.
* Bila terjadi kram sebaiknya segera dilakukan pemijatan ringan. Otot sebaiknya dipijat dan diolesi krim penghangat supaya asam laktat yang membuat lelah bisa larut. otot pun menjadi rileks kembali.
* Jika pembuluh darah sudah terjadi pelebaran, maka harus dihentikan/ dikurangi penggunaannya.
* Pakailah stocking yang ketat dan kencang untuk melindungi kaki dan untuk udara sehingga betis tidak akan melebar.



Semoga bermanfaat, salam
Sumber:GHS


No comments:

Post a Comment

Loading...