03 July 2011

MORNING SICKNESS

Menurut Morning Sickness Help, sebanyak 70-85% ibu hamil mengalami periode mual-mual dan muntah.
Sekitar 1% ibu hamil muntah parah sampai mereka mengalami penurunan berat badan dan menjadi dehidrasi, hingga membutuhkan perawatan di rumah sakit.
Morning sickness yang parah seperti itu disebut hyperemesis gravidarum. Walau bisa mengancam nyawa jika tidak ditangani, kondisi itu bisa disembuhkan setelah menjalani rawat inap sejenak di rumah sakit.

Morning sickness bisa menjadi lumayan parah dan mengganggu aktivitas harian ( bekerja, merawat anak, dan lainnya). Meski disebut morning sickness, rasa mual dan muntah bisa saja terjadi sepanjang hari.


PENYEBAB

Penyebab pasti tidaklah diketahui, mungkin berhubungan dengan hormon saat kehamilan. Kaum perempuan yang mengalami morning sickness cenderung memiliki level hormon lebih tinggi dibandingkan dengan mereka yang tidak mengalaminya.

Kemungkinan mual-mual dan muntah selama hamil adalah mekanisme untuk melindungi janin dari keracunan. Dengan semakin bervariasinya jenis makanan di zaman sekarang dibandingkan zaman nenek moyang, tidaklah mengejutkan jika memang ada mekanisme seperti itu.

Satu bukti, melalui penelitian, ibu hamil yang menderita morning sickness memiliki risiko keguguran lebih kecil, daripada mereka yang tidak merasakan morning sickness.
Penelitian menunjukkan adanya 2 hormon dengan level lebih tinggi pada ibu hamil yang mengalami morning sickness, yaitu tiroksin dan human chorionic gonadrotrophin.


GEJALA

Morning sickness tidak selamanya hanya terjadi di pagi hari. Muntah paling parah terjadi antara pukul 09.00 hingga tengah hari. Muntah juga bisa berlangsung sepanjang hari atau bahkan terjadi pada jadwal waktu yang sangat berbeda. Biasanya muntah terjadi setelah makan.

Morning sickness biasa terjadi pada awal kehamilan. Beberapa ibu mulai muntah beberapa hari setelah janin terbentuk, namun biasanya morning sickness dimulai sekitar 6 minggu setelah menstruasi terakhir.

Sekitar 80% penderitanya merasa lebih baik setelah minggu ke-12 kehmilan dan benar-benar berhenti muntah pada minggu ke-16.Namun, biasanya rasa mual kembali sejenak sebelum kelahiran.


SUPLEMEN

Konsultasikan ke dokter tentang:

1. Vitamin B6, 50 mg/hari. Vitamin B6 dapat mengurangi mual selama hamil.
2. Kapsul jahe, 250 mg, 3x/hari. Jahe telah lama dihubungkan sebagai komponen yang dapat menghilangkan mual.
3. Kemungkinan untuk berhenti sejenak mengonsumsi vitamin prenatal, sampai morning sickness berhenti, jika memang vitamin tersebut adalah salah satu penyebab mual. Meski demikian, suplemen asam folat jangan dihentikan.
4. Demikian pula untuk suplemen zat besi, kecuali jika Anda menderita anemia. Suplemen zat besi kadang membuat perut semakin berontak.


MAKANAN DAN MINUMAN

* Hindari makanan berminyak atau pedas, sebab itu sering menyebabkan mual atau radang lambung.
* Makan apapun yang diingini saat itu. Ngidam tidak akan "menyesatkan"
* Sering menyantap kudapan yang mengandung protein ( daging berlemak rendah dan seafood, kacang-kacangan, telur. semuanya adalah makanan berprotein tinggi ).
* Santap makanan dalam porsi kecil setiap 2 jam.
* Mengonsumsi makanan asin sebelum waktu makan biasanya akan membantu.
* Jangan minum selama makan
* Teh nonkafein, seperti peppermint dan jahe, dapat meredakan mual
* Jangan lupa minum air sedikit-sedikit, sepanjang hari, agar tidak dehidrasi.
* Jangan tinggalkan waktu makan
* Makanan dingin bisa mengurangi mual


YANG SEBAIKNYA DILAKUKAN

.....Hindari tempat-tempat hangat karena panas dapat meningkatkan rasa mual
.....Tidur sianglah sejenak, tapi jangan setelah makan
.....Jangan sampai kelelahan
.....Tidur cukup di malam hari
.....Bangkit dari tempat tidur dengan perlahan pada pagi hari
.....Coba makan cracker tanpa rasa atau sereal kering sebelum bangun dari tempat tidur pada pagi hari.


BAU-BAUAN


* Buka jendela atau putar exhaust fans saat memasak setelah makan
* Memasak dengan menggunakan microwave biasanya tidak terlalu menghasilkan bau
* Bawalah selembar saputangan yang ditetesi minyak/ parfum yang tidak menyebabkan mual. Hirup baunya jika ada bau yang sangat mengganggu dan membuat mual.




Semoga bermanfaat, salam
Sumber:GHS







No comments:

Post a Comment

Loading...