22 July 2011

12 CARA MEN-CHARGE OTAK

Otak adalah komputer tercanggih dalam diri manusia, dia bekerja keras menyerap semua informasi yang diperolehnya. Otak manusia juga harus di charge kembali baterainya, agar tidak hang.

Mari kita simak cara mudah mencharge otak berikut ini:

1. MAKAN KACANG ALMON

Almon dipercaya dapat meningkatkan memori. Jika Anda mengonsumsi minyak almond di campur susu sebelum tidur atau saat bangun pagi, kekuatan memori dapat ditingkatkan.
Cara membuat almond susu adalah: menggerus kacang almond tanpa kulit, kemudian menambahkannya dengan air dan gula secukupnya.


2. MINUM JUS APEL

Penelitian yang dilakukan oleh para ahli di University of Massachusetts Lowell menunjukkan bahwa jus apel meningkatkan produksi transmiter saraf bernama asetilkolin di dalam otak. Hasilnya, daya ingat meningkat.


3. TIDUR CUKUP DAN BERKUALITAS

Daya ingat jangka panjang dikonsolidasi saat tidur, dengan memutar ulang semua pengalaman yang terjadi setiap harinya. Playback yang terus menerus terjadi di alam bawah sadar dan otak kemudian menyimpannya bersama semua informasi yang berhubungan.

4. NIKMATI KESENANGAN

Stres membuat otak menjadi lelah dan mengonsumsi banyak sumber daya ingat. Buatlah kebiasaan baik dengan cara menikmati kesenangan kecil yang terjadi setiap hari untuk melepaskan stress, misalnya:
- Menikmati musik favorite
- bermain dengan anak-anak
- Lari, bersepeda, atau berenang setiap hari
- Membuat blog
- Ikut latihan yoga

5. LATIH PIKIRAN

Bukan hanya fisik, mental juga harus dilatih. Mental harus dilatih untuk mendapatkan kembali pikiran yang tajam dan responsif. Cara melatih pikiran misalnya:
- Bermain scrabble atau mengisi TTS
- Menjadi sukarelawan
- Berinteraksi dengan orang lain
- memulai hobi baru, seperti membuat blog, membaca, melukis, bird watching.
- Belajar keahlian baru atau kursus bahasa asing


6. LAKUKAN YOGA ATAU MEDITASI

Yoga dan meditasi menghilangkan stres.Stres dikenal sebagai penghapus daya ingat. Dengan berkurangnya stres, tekanan darah akan turun, nafas teratur, metabolisme menjadi baik, dan otot tegang bakal hilang. Semua faktor itu berkontribusi terhadap meningkatnya daya ingat.

7. KURANGI ASUPAN GULA

Gula bukan makanan. Gula hanyalah sebuah bentuk karbohidrat yang menawarkan energi ilusi. Asupan gula yang berlebihan menyebabkan gejala neurotik, seperti klaustrofobia, kehilangan ingatan, dan gangguan lainnya. Jika memungkinkan, asupan makanan tanpa ditambah gula. Jauhi juga minuman manis atau minuman berkafein dengan gula.

8. KONSUMSI WHOLE WHEAT

Whole wheat, biasanya dalam bentuk roti, mengandung lesitin. Lesitin membantu mengurangi masalah pengerasan arteri, yang kadang merusak fungsi otak.

9. KONSUMSI MAKANAN RINGAN PADA MALAM HARI

Menu makanan berat di malam hari akan membuat stres saat tidur. Lebih baik menu seperti itu hanya untuk makan siang, ketika tubuh sedang aktif. Menu makanan ringan ditambah buah akan membuat tidur lebih tenang. Tidur yang cukup akan memperkuat otak.

10. KEMBANGKAN IMAGINASI

Orang-orang Yunani zaman dulu sukses menganut prinsip imajinasi dan hebat dalam mengingat segala hal. Tehnik itu membutuhkan seseorang untuk membangun imajinasi yang hidup dan berwarna. Jika Anda menggabungkan semua indra perasa, yakni sentuhan, perasaan, penciuman, pendengaran, dan penglihatan, dalam proses imajinasi, Anda akan mengingat semua detail untuk sebuah kejadian.

11. KENDALIKAN EMOSI

Kelebihan tepung atau kelebihan roti putih dapat menimbulkan efek pengganggu pada sraf. Akibatnya adalah tingkah laku kasar dan depresif. Makan sayuran segar, banyak air putih, dan meditasi dapat menghilangkan racun emosi dan mood swing.


12. ASUP VITAMIN B KOMPLEKS

Vitamin B-kompleks akan memperkuat daya ingat. Konsumsi makanan dan sayuran yang mengandung banyak vitamin B-kompleks.
Jauhi makanan bertepung dan roti putih, yang bisa mengurangi asupan vitamin B kompleks yang diperlukan untuk mendapatkan otak yang sehat.



Semoga bermanfaat, salam
Sumber:GHS-kiat sehat ala GHS
Salam










No comments:

Post a Comment

Loading...