03 July 2011

MENGOBATI SAKIT TELINGA

Apapun penyebabnya, sakit telinga membuat menderita. Dokter biasanya akan meresepkan antibiotik dan obat tetes untuk mengobatinya.Tetapi Anda bisa mencari cara yang lebih cepat dan efektif untuk meredakan masalah ini.

Sakit telinga dapat disebabkan flu, infeksi, atau karena air masuk ke telinga. Obat-obatan rumah akan membantu meredakan sakit telinga dalam beberapa jam.

Cobalah salah satu cara berikut ini:

1. HIDROGEN PEROKSIDA

Bisa dibeli bebas di apotek. Tanyakan kepada apoteker, dosis yang aman untuk Anda dan juga jenis hidrogen peroksida yang diperuntukkan untuk mengobati sakit telinga. Beberapa tetes akan meredakan sakit.

2. JUS BAWANG BOMBAI

Salah satu obat alami adalah jus bawang bombai. 2 atau 3 tetes sudah cukup untuk menyembuhkan infeksi telinga dan menghilangkan rasa sakit.

3. MINYAK WIJEN, JUS MANGGA

Kedengarannya sedikit aneh? Jus mangga? Menurut situs Yukozimo, jus mangga dapat digunakan untuk menghilangkan sakit telinga. Sayangnya tidak ada dosis yang disebutkan. Bisa jadi jus mangga yang dipakai tidak sekental jenis minuman. 2 atau 3 tetes sudah cukup untuk sakit telinga.

4. TETESKAN AIR

Kemasukan air ketika mandi, biasanya akan menyebabkan telinga tersumbat dan jika dibiarkan akan menyebabkan sakit. Teteskan kembali air ke dalam telinga, biarkan selama beberapa detik dengan kepala dimiringkan agar air tetap di dalam telinga. Setelah telinga terasa hangat, keluarkan air dengan cara memiringkan kepala ke arah berlawanan. Biasanya cara ini efektif untuk mengeluarkan sumbatan air.

5. KOMPRES

Kompres kain basah yang hangat juga bisa digunakan. Kompres melancarkan sirkulasi sehingga akan melegakan tekanan di sekitar rasa sakit.
Kain untuk kompres bisa juga direndam dalam semangkuk air garam yang hangat. Garam dapat meredakan peradangan yang disebabkan oleh sakit telinga.

6. VITAMIN C

Jika sakit telinga disebab infeksi, 1 dosis vitamin C dapat menghilangkan infeksi dan menambah kekebalan tubuh.


Semoga bermanfaat, salam
Sumber:GHS, First Aid






No comments:

Post a Comment

Loading...