04 August 2011

BUAH MURBEI, SI PENAMBAH STAMINA



Tanaman murbei dikenal sebagai pakan ulat sutera, hewan penghasil benang sutera. Bagi manusia tanaman ini juga bermanfaat untuk mengatasi bisul hingga membantu menyehatkan jantung. Manfaatkan akar, daun, buah atau rantingnya!


BANYAK ZAT GIZINYA

Tanaman bernama latin Morus alba L ini berasal dari Cina. Di Makasar, Malang, Jepara, Temanggung, dan Bogor, tanaman ini banyak dibudidayakan untuk pakan ulat sutera. Murbei tumbuh baik pada ketinggian lebih dari 100 m di atas permukaan laut, memerlukan cukup sinar matahari.

FUNGSI BUAH MURBEI

Murbei berbunga sepanjang tahun, buahnya banyak serupa buni, berair, rasanya enak. Buah muda berwarna hijau, setelah masak jadi hitam.Menurut TCm (Pengobatan tradisional Cina), buahnya bersifat manis, dingin, masuk meridian jantung, hati, dan ginjal.
Fungsinya memelihara darah dan ginjal, bersifat diuretik, peluruh dahak, hipotensif, meningkatkan sirkulasi darah, dan efek tonik pada jantung.

FUNGSI DAUN MURBEI

Daunnya bersifat pahit, manis, dingin,masuk meridian paru dan hati.Khasiatnya sebagai peluruh kentut (karminatif), keringat, kencing (diuretik), mendinginkan darah,pereda demam (antipiretik), dan mempertajam penglihatan.

FUNGSI RANTING MURBEI

Rantingnya bersifat pahit, netral dan masuk meridian hati. Khasiatnya antipiretik, analgesik, dan antirematik.

FUNGSI AKAR MURBEI

Kulit akar bersifat manis, sejuk, masuk meridian paru.Khasiatnya sebagai antiasmatik, ekspektoran, diuretik,menghilangkan bengkak.

Mengutip Dr. Setiawan Dalimartha, Wakil Ketua Umum Perhimpunan Dokter Indonesia Pengembang Kesehatan Tradisional Timur, daun murbei mengandung asam folat, fiteoestrogen, asam amino, copper, zinc, vitamin A,B1,C, dan karoten.


FUNGSI RANTING MURBEI

Bagian ranting mengandung tanin dan vitamin A. Buahnya mengandung sakarida, asam linoleat, asam oleat, vitamin B1,B2,C, karoten.

KULIT BATANG MURBEI

Kulit batang mengandung triterpenoid dan flavonoid. Kulit akar mengandung derivat flavone mulberrin, sedangkan bijinya urease.

DARI AKAR HINGGA BUAH

Menurut Dr.Setiawan, daun muda murbei enak disayur dan berkhasiat meluruhkan kentut, keringat dan kencing, mendinginkan darah, sebagai pereda demam, penerang penglihatan, penurun tekanan darah tinggi, dan mengatasi kencing manis. Baik untuk memperbanyak ASI, mengatasi gangguan pencernaan, menurunkan kolesterol, mengatasi sakit kulit, kaki gajah, sakit kepala, batuk, demam, dan malaria.

Buahnya sangat bermanfaat untuk memperkuat ginjal, meningkatkan sirkulasi darah, mengatasi sulit tidur, batuk berdahak, pendengaran kurang, sembelit pada orang tua, sakit tenggorokan, sakit otot, dan kurang darah.

Adapun kulit akarnya untuk mengatasi sesak napas ( asma ), muka bengkak, kencing nyeri, dan sakit gigi.

Rantingnya untuk mengatasi rematik, sakit pinggang, kram, tekanan darah tinggi, dan menyuburkan rambut.

Di Luar Negeri, daun murbei sudah diwujudkan dalam bentuk obat suntik.

Untuk memanfaatkannya ambil bagian tanaman murbei sesuai kebutuhan, potong-potong lalu keringkan.
Untuk pemakaian luar, seperti untuk mengatasi luka, gunakan daun segar yang ditumbuk halus lalu dioleskan pada bagian yang luka.


9 RESEP RAMUAN MURBEI:

1. HIPERTENSI DAN KAKI BENGKAK
Bahan : 15 gram daun segar
Pemakaiana: Daun dicuci bersih, direbus dengan 2 gelas air selama 15 menit. Setelah dingin, saring, bagi 2. Minum tiap pagi dan sore.

2. ASI SEDIKIT
Bahan:1 genggam daun segar
Pemakaian: daun dimasak sebagai sayur, dimakan bersama nasi

3. BISUL DAN RADANG KULIT
Bahan: 1 genggam daun segar
Pemakaian: Daun dicuci, lalu direbus dengan 2 gelas air hingga tersisa 1 gelas. Setelah dingin, saring, minum sekaligus. Rebusan ini juga bisa membersihkan darah bila diminum secara teratur.

4. LUKA DAN BOROK
Bahan:beberapa lembar daun segar, minyak kelapa
Pemakaian:cuci bersih daun,lalu olesi dengan minyak kelapa. Layukan di atas api, remas-remas, tutupkan pada luka yang sudah dibersihkan.

5. DIGIGIT ULAR
Bahan:20 gr daun segar
Pemakaian:daun dicuci bersih, giling halus. Tambahkan 1/2 gelas air masak, saring dan peras. Airnya diminhum sekaligus.

6. BERKERINGAT DI MALAM HARI
Bahan:6-9 gr daun kering
Pemakaian:Daun kering dijadikan serbuk. Rebus dengan air beras sampai mendidih. Minum setelah dingin.

7. REMATIK, TANGAN DAN KAKI BAAL
Bahan: 15 gr ranting murbei
Pemakaian:rebus ranting dengan 3 gelas air hingga tersisa 1 gelas. Setelah dingin saring, minum 1/2 gelas pagi dan sore

8. HEPATITIS, KURANG DARAH. HIPERTENSI
Bahan: 10 gr buah masak
Pemakaian: blender 10 gr buah masak dan 1 gelas air. Minum sekaligus

9. GANGGUAN JANTUNG

Bahan: buah masak
Pemakaian: buah dijus, minum sekaligus. Keluhan nafas pendek, mata kaki bengkak, dan nyeri dada berkurang bila minum jus murbei setiap hari.





Semoga bermanfaat, salam
Sumber: GHS ( kiat alami)







No comments:

Post a Comment

Loading...