16 March 2011

TAHUKAH ANDA???ALPUKAT PEMELIHARA BERAT BADAN???

Kita masih sering mendengar orang takut makan alpukat karena mitosnya buah ini mengandung banyak lemak, jadi tidak baik untuk jantung dan gampang bikin gemuk. Padahal, sejumlah riset justru menemukan sebaliknya. Alpukat dinyatakan baik untuk memelihara sistem pembuluh darah jantung dan membantu menjaga berat badan normal.

Manfaat itu datang dari berbagai kandungan gizi di dalam alpukat. Antara lain antioksidan karotenoid yang bersifat antiperadangan seperti lutein, zeaxanthin, dan violaxanthin, juga fitosterol, flavonoid epikatekin dan epigalokatekin, serta vitamin E,C,mineral mangan, selenium, potasium, magnesium, lalu lemak omega-3.

Studi lain menyatakan bahwa penyerapan likopen dan betakaroten meningkat secara bermakna bila daging buah alpukat segar ditambahkan ke dalam salad sayuran.
Konsentrasi karotenoid dalam alpukat paling banyak terdapat pada daging buah yang berwarna hijau tua, tepat dibawah kulit. Jadi kalau mau mengambil dagin buah alpukat, jangan buang bagian hijaunya.

Bagi yang takut gemuk, dalam sebuah studi terbukti bahwa konsumsi alpukat selama seminggu justru bisa mengurangi lemak tubuh. Itu karena alpukat mengandung lemak tak jenuh tunggal atau asam oleat yang dapat membantu menurunkan kolesterol.

Nah, sekarang tidak ada lagi alasan untuk takut makan alpukat bukan??? Tambahkan buah ini ke dalam diet Anda, dan dapatkan manfaat sehatnya. Selamat mencoba.



Semoga bermanfaat
Salam
Sumber:GHS




No comments:

Post a Comment

Loading...