31 October 2010

BERSAHABAT DENGAN ASHMA

Walau sudah didiagnosis asma, bukan berarti Anda tidak bisa hidup nikmat.Pasien asma tetap bisa beraktivitas dengan baik, asal tahu triknya, seperti dikutip dari Good Health & Medicine berikut ini:

* BERGERAK

Mereka dengan asma yang terkendali tetap bisa berolahraga dengan aman. Para ahli meyakini, berenang cukup ideal bagi penderita asma.
Saat berenang kita menghirup udara ketika muncul di permukaan air, yang udaranya lebih hangat. Berenang juga memperkuat otot dada dan membantu mengatur nafas.

* TULIS RENCANA


Penelitian menunjukkan bahwa orang yang menulis rencana tindakan untuk mengatasi asmanya memiliki hasil yang lebih baik ketimbang mereka yang tidak melakukannya.

Rencana akhir ini sebaiknya lebih spesifik dan memuat informasi tentang bagaimana mengenali gejala yang memburuk, apa yang dilakukan saat asma menyerang,dan kapan mengenali tanda bahaya yang memerlukan penanganan segera atau ambulans.


* HINDARI PEMICUNYA

Sangat penting untuk mengenali pemicu asma dan menghindarinya. Inflamasi atau peradangan yang dikaitkan dengan asma kerap dihubungkan dengan alergi.
Tidak salahnya melakukan tes alergi untuk mengetahuinya.

Pemicu paling sering termasuk tungau dan polusi udara.
Sejumlah obat-obatan, termasuk aspirin dan obat antiperadangan nonsteroid (NSAIDs), juga dapat memicu serangan pada beberapa orang.

Beberapa orang menjumpai asma mereka dipicu oleh konsumsi anggur. Hal ini bisa jadi akibat bahan pengawet yang disebut metabisulfit. Ada lebih banyak metabisulfit dalam anggur putih ketimbang anggur merah.

* KONSUMSI APEL

Studi di Belanda dan Skotlandia menjumpai bahwa ikan dan apel yang dikonsumsi ketika hamil bisa memiliki efek perlindungan terhadap asma yang berkembang pada bayi.




Semoga bermanfaat, salam
Sumber:GHS


No comments:

Post a Comment

Loading...