07 October 2010

3 KIAT ATASI BIBIR KERING & PECAH-PECAH

Bibir merupakan area kulit yang paling sensitif terhadap serangan sinar matahari, angin dan udara yang kering dan dingin. Sudah pasti efeknya membuat tidak percaya diri karena bibir menjadi kering dan pecah-pecah.

Cara mudah membuat bibir tidak kering dan pecah-pecah :

1. PENUHI ASUPAN MAKANAN DAN PERBANYAK MINUM AIR PUTIH

Perbanyak konsumsi makanan yang kaya vitamin yang penting untuk kulit bibir.Misalnya kacang-kacangan untuk memperoleh zat besi dan buah-buahan yang banyak mengandung vitamin B dan C. Jangan lupa minum air putih minimal 2 liter per hari.Dengan asupan makanan dan mineral yang cukup, bibir Anda menjadi lebih lembab dan tidak pecah-pecah.


2. KURANGI KEBERADAAN DI RUANGAN BER-AC

Jika tidak bisa, Anda bisa melakukan perawatan, salah satunya dengan menggunakan handuk kecil yang bersih. Basahi handuk tersebut dengan air bersuhu normal atau suhu ruangan lalu tempelkan pada bibir sekitar 10 menit. Selanjutnya gunakan pelembab bibir. Untuk pemilihan pelembab bibir yang baik yaitu pilihlah pelembab bibir yang tidak wangi dan tidak berwarna. Masalahnya beberapa orang alergi terhadap warna dan wangi pelembab.
Contoh pelembab bibir yang baik adalah vaseline album yang bisa dibeli di semua apotik dan terjual bebas.


3. HINDARI KEBIASAAN MENGGIGIT ATAU MENJILAT BIBIR

Pembasahan dan penguapan yang berualang-ulang, mudah membuat bibir kering, karena lapisan yang melindungi bibir atau disebut barrier (lapisan pelindung )menjadi rusak apabila terkena enzim yang dikandung dalam air liur.

Bagi Anda yang mempunyai keturunan gen asma atau eksim, bibir kering dan pecah-pecah memang tidak bisa dihilangkan karena faktor genetik tidak bisa diubah.

No comments:

Post a Comment

Loading...