25 November 2009

BERAS HITAM DAN BERAS MERAH TINGGI KHASIAT


Pernah makan nasi hitam? Nah, bagi yang belum pernah mengkonsumsinya, marilah kita simak bersama khasiat-khasiatnya.

BERAS HITAM

Warnanya benar-benar hitam, bukan kotor atau dekil. Asli tumbuh di daerah Asia.Kalau sudah dimasak akan hitam warna nasinya. Rasanya enak dan juga harum.
Manfaatnya:
- Meningkatkan daya tahan tubuh
- Mencegah gangguan ginjal dan kanker
- Membuat awet muda.

Dan masih banyak lagi manfaat lainnya bagi kesehatan.

BERAS KERAJAAN

Dulu beras hitam hanya boleh disantap oleh kalangan bangsawan di Cina. Konon kalangan istana ingin mendapatkan manfaat baik dari beras hitam itu. karena mereka tahu,beras ini mengandung jauh lebih banyak vitamin daripada beras lainnya.
Selain jadi bahan makanan, beras hitam juga dijadikan obat disana.


ANTI KANKER

Warna hitam ini menunjukkan kandungan zat warna kulit atau pigmen yang tinggi. Dalam pigmen ini terkandung zat aleuron dan endospermia. Kedua zat ini bisa menghasilkan zat antikarsinogenik, Yaitu zat yang bisa meningkatkan kadar trombosit dan memiliki antioksidan tinggi. Zat Antioksidan ini bisa meningkatkan kekebalan tubuh terhadap serangan penyakit kanker.
Zat warna kulit yang hitam ini juga kaya akan zat flavonoid. Gunanya untuk mencegah pengerasan pembuluh darah. Selain itu kaya akan serat. Sehingga membuat pencernaan kita sehat dan tidak mudah lapar.


BERAS MERAH

Beras merah kaya akan magnesium. Kandungan magnesiumnya jauh lebih banyak daripada beras putih biasa. Zat ini sangat baik bagi kesehatan jantung, mengandung banyak serat sehingga memperlancar proses pencernaan. Pastinya bisa mencegah sembelit. Kulit arinya mengandung lemak. Bukan lemak yang bikin gemuk, tapi lemak yang sangat baik untuk perkembangan otak anak.


ANTI BERI_BERI

Beras merah juga mengandung vitamin B1 yang sangat diperlukan untuk mencegah beri-beri. Terutama pada bayi. Makanya, anak bayi seringkali diberi makan bubur beras merah.
Pada zaman dahulu, para tabib menggunakan beras merah sebagai obat juga. Kandungan vitamin dan mineralnya dipercaya bisa mencegah dan mengobati berbagai macam penyakit.



Semoga bermanfaat, salam
Sumber:Pengetahuan

1 comment:

  1. iya nih beras merah katanya bagus. nenekku tuh, sekarang mulai coba konsumsi beras merah.

    ReplyDelete

Loading...