14 November 2009

7 LANGKAH SEHAT DI PAGI HARI


1. NIKMATI MUSIK
Terapi musik dapat meredakan stress dan positif bagi kesehatan. Anda tidak harus dibimbing terapis untuk merengkuh manfaat itu. Putarlah musik yang membangkitkan semangat, membuat Anda senang dan siap menghadapi hari.

2.PEREGANGAN DI KAMAR MANDI

Mandi air hangat bisa merilekskan otot, sehingga lebih mudah melakukan peregangan. Latihan ini akan membantu melepaskan ketegangan dan membuat Anda bisa memulai hari secara rileks, damai dan siap mengerjakan apa saja.

3. SARAPAN SEHAT

Sarapan sangat penting. Sarapan sehat akan membantu menyeimbangkan kadar gula darah dan membuat tubuh siap mengelola stress fisik maupun mental. Coba ganti secangkir kafein dan sedikit kalori saat sarapan dengan menu kaya protein, vitamin, dan mineral terutama buah serta sayuran.

4. MINUM TEH HIJAU

Secangkir teh hijau di pagi hari dapat membantu Anda memelihara perasaan positif dan siap beraktivitas. Teh hijau mengandung antioksidan. Selain nikmat, tentu sangat sehat bagi tubuh Anda.

5. BUAT JURNAL

Menulis catatan harian memberikan keuntungan dalam mengelola stres, juga meningkatkan kesadaran diri. Membuat catatan sekali sehari dapat membantu Anda untuk fokus,mengendalikan emosi negatif, dan menyelesaikan masalah.

6. JALAN PAGI

Jalan pagi membuat Anda siap menghadapi hari, bisa tidur nyenyak di malam harinya, menurunkan stres, serta mengurangi berbagai resiko penyakit. Lebih menyenangkan bila Anda ajak serta keluarga/ saudara.

7. YOGA

Kombinasi pernafasan diafragma, meditasi, peregangan, dan lainnya dalam yoga sangat baik untuk mengelola stres dan memberikan manfaat lain bagi kesehatan. Cara yang baik untuk memulai hari, lakukan serial pose sun solutation. Sapa mentari, lalu siap beraktivitas sepanjang hari.




Semoga bermanfaat, salam
Sumber: GHS

No comments:

Post a Comment