20 November 2008

TRIK SEDERHANA BUANG HASRAT MEROKOK

Kalo aq pribadi paling sebel deh liat orang2 yang ngerokoK sembarangan alias gak tahu tempat.palagi kalo lagi dalam angkutan umum. mereka suka2 hati tanpa punya perasaan n gak liat kanan kirinya ada wanita hamil, bayi atau mungkin juga pengidap penyakit asma. Wah gak banget deh punya cowok perokok berat.selain buang2 duit, mereka tuh juga buang2 nyawa! alias cari penyakit n ngasih penyakit ke orang lain.
Nih dia bagi para perokok berat, ada trik2 yang bisa membuat anda pelan2 berhenti mengkonsumsi yang namanya " ROKOK " itu. simak ya, semoga bermanfaat:

1.BERGERAK
Lakukan jalan2 di kantor/ dirumah/ diwaktu senggang anda, lari ditempat, atau naik
tangga. Aktivitas berjalan cepat selama beberapa menit bisa menghentikan keinginan
untuk merokok.
2.GANTI DENGAN PRODUK PENGHENTI ROKOK
Terapi pengganti nikotin, termasuk yang di tempel atau permen karet,banyak
tersedia di toko. Namun ada baiknya konsultasikan hal ini kepada dokter.
3.BERKACALAH
Didepan cermin, teriak kan alasan anda berhenti merokok. Temasuk ingin hidup lebih
sehat. Uang bisa dimanfaatkan untuk sesuatu yang ingin anda nikmati.
4.TARIK NAFAS DALAM-DALAM
Pejamkan mata dan tarik nafas dalam beberapa kali. Anda juga mengisap udara
melalui sedotan.
5.MINTA BANTUAN
Buat jaringan atau pertemanan dengan orang yang tidak merokok. Saat keinginan
merokok muncul, anda bisa menelpon mereka dan melakukan percakapan singkat atau
jalan bersama-sama.
6.YAKINKAN DIRI
Bayangkan paru2 anda menjadi lebih sehat setiap menitnya ketika anda tidak merokok.
7.LAKUKAN PERHITUNGAN
Hitung berapa banyak uang yang akan anda hemat dengan berhenti merokok seminggu,
sebulan, setahun, dstnya. Buat daftar barang berharga yang bisa anda beli dengan
uang itu atau kalkulasikan bunga yang akan di peroleh jika di tabung.
8.BACA BLOG ORANG YANG BERHASIL BERHENTI MEROKOK
Pikiran2 atau gagasan2 yang di masukkan dalam blog mereka akan menyemangati orang
lain yang sedang berjuang menghentikan kebiasaan merokok.
9.MINUM AIR PUTIH
Minum air dingin secara perlahan, tambahkan irisan jeruk lemon untuk menambah
kesegaran.Saat air habis, isap potongan esnya.
10.BUAT RENCANA
Bikin daftar penghargaan pada diri sendiri karena bisa melalui keinginan mengisap
rokok.
11.SEGARKAN NAFAS
Gosok dan bersihkan gigi dengan benang gigi, kumur dengan penyegar mulut, atau
mengisap permen pengharum mulut akan membuat mulut lebih segar, sehingga
keinginan merokok berkurang.
12.BERESKAN LEMARI PAKAIAN
Buang pakaian yang kekuningan akibat asap atau yang bolong karena terbakar bara
rokok.
13.LAKUKAN AKTIVITAS OTAK
Kerjakan puzzle, isi TTS atau sudoku.
14.BERES-BERES
Alihkan perhatian dengan membereskan rumah, mencuci kendaraan, mengepel atau
menyiram bunga di halaman rumah, memberi makan ikan atau hewan peliharaan.
15.SIBUKKAN MULUT
Kunyah permen karet tanpa gula atau batang kayu manis.
16.LAKUKAN AKTIVITAS YANG MENYENANGKAN
Seperti mendendangkan lagu, bersiul, menyanyi, memainkan alat musik,dll. termasuk
berolahraga bersama pasangan dan anak2.


INGATLAH!! KEKUATAN BERHENTI MEROKOK ADA DI TANGAN ANDA SENDIRI!!

No comments:

Post a Comment

Loading...