23 November 2008

ORHIBA=Olahraga Hidup Baru

Tentu kita merasa sangat asing dengan istilah ORHIBA ( Olah Raga Hidup Baru ) kalau para blogger ingin tahu simak tulisanku ini.Mudah-mudahan bermanfaat.

ORHIBA diciptakan oleh SAERANG, 50 tahun yang lalu dengan tujuan mengembalikan hak hidup menjadi lebih baik dan dapat dirasakan seluruh lapisan masyarakat, tanpa kecuali.
Menurut Ibu Sita Sudjono Pelatih dan Sekretaris Umum Yayasan ORHIBA pusat, Jakarta ORHIBA telah membawa manusia pada hidup baru, mencapai usia panjang dengan tetap sehat, bebas dari gangguan fisik dan mental.Orang yang lemah, lesu dan menderita berbagai macam penyakit menunjukkan badannya kehilangan hak hidup. dengan melakukan orhiba secara teratur, badan sakit akan memperoleh kembali hak hidupnya.

Olahraga ini tidak saja berguna untuk orang dewasa,usia lanjut, tetapi anak usia 3 tahun pun dapat mengikutinya. salah satu manfaatnya meningkatkan semangat belajar dan kecerdasan berpikir.

Orhiba memberi harapan hidup bagi semua orang yang mengalami gangguan penyakit, menurut peserta yang telah mengikuti ORHIBA, olahraga ini mampu mengusir gangguan diabetes, lever, ginjal, kanker, sakit kulit, jantung koroner, dan lumpuh akibat stroke menyusutkan lemak tubuh, meningkatkan kebugaran, dan membuat banyak oksigen masuk ke dalam darah dan mendistribusikannya ke seluruh tubuh sehingga efeknya bagus untuk menangkal radikal bebas, yang memicu penuaan sel.
ORHIBA merupakan kegiatan fisik yang diawali persiapan mental dan melibatkan sebagian besar otot tubuh dan dilakukan secara berirama.Olahraga yang melibatkan lengan yang diputar kebelakang dilakukan dengan keadaan tubuh tegang atau kontraksi otot dada, tungkai dan lengan.

Berikut 3 tahap melakukan ORHIBA:

1. PERSIAPAN

* Berdiri tegak tanpa alas kaki. tumit dirapatkan, jari-jari kaki direnggangkan
secukupnya. Pusatkan pikiran, hubungkan diri dengan Tuhan ( makrokosmos ).
sadari bahwa anda adalah ciptaan yang paling sempurna (mikrokosmos).
* Perhatikan tubuh jasmani anda, timbulkan rasa kasih pada tubuh anda sendiri,
seperti membayangkan daging dibawah kulit. ini berarti anda telah mengagungkan
kebesaran sang pencipta.
* Rabalah seluruh tubuh, mulai dari lengan kanan dan kiri, dada, perut,paha, lutut
kaki, betis,belakang paha, pinggul, punggung,pundak, leher,kepala dan wajah.
* Saat meraba wajah dengan kedua tangan, bayangkan wajah sendiri.
* Tegakkan punggung, busungkan rongga dada, kuatkan perut, otot2 dibawah perut,
dan otot2 punggung. kuatkan pusat dada serta timbulkan hasrat utk melakukan orhi
ba agar tubuh tetap sehat, kuat dan hidup.

2 LATIHAN
* Bentangkan lengan kesamping ( rata dengan bahu ). lalu putar kedua lengan kearah
belakang secara kuat dengan membuat lingkaran. lakukan gerakan memutar lengan se
cara terus menerus tanpa putus.( min 50 x putaran )
* Saat lengan bergerak ke atas, kuatkan otot2 perut.ketika itu tumit akan sedikit
terangkat, kira-kira 2 cm( tetapi jangan berjinjit ). kemudian kuatkan otot2
punggung saat lengan menurun dan tumit menyentuh lantai kembali.
* Setelah lengan cukup diputar-putar, hentikan gerakan. usahakan tubuh tetap
tegang, tanpa bernafas untuk beberapa detik. setelah itu lepaskan ketegangan
tubuh dengan bernafas kembali seperti biasa.
Selama latihan otot2 tubuh harus tegang, dada tetap dibusungkan, jakun di tarik
kebelakang. buka mulut sedikit agar udara dapat leluasa keluar masuk.mata
menatap langit. bayangkan indahnya alam semesta, seperti birunya langit.

3. PENUTUP

Rabalah seluruh tubuh, seperti pada tahap persiapan. Panjatkan puji syukur
kehadirat ALLOH dengan harapan tubuh senantiasa sehat, kuat dan hidup, serta
terbebas dari gangguan yang mendera jasmani , rohani dan mental.

Untuk mendapatkan hasil nyata dalam waktu relatif singkat lakukan orhiba sehari 3-5 x.untuk pemula, lakukan 25 atau 50 x putaran saja, meski merasa muda dan sehat.
Lakukan orhiba secara bertahap. bila telah mampu, melakukan gerakan secara benar, tingkatkan jumlah gerakan menjadi 100-200x.

Untuk anda yang sakit atau berusia lanjut, jumlah gerakan memutar lengan disesuaikan dengan kemampuan.Namun tetap disarankan untuk berlatih gerakan 3-5 x atau lebih dalam sehari agar dapat segera mengatasi gangguan kesehatan. dalam latihan jangan sekali-kali memaksakan diri.

Jika anda sudah mampu melakukan sebanyak 200x putaran, sebaiknya jangan dikurang. latihan dapat diulang-ulang dalam jarak waktu 30 menit atau lebih.

Siapapun bisa berlatih dan mengambil manfaat dari olahraga ini. selamat mencoba.


Kalau para blogger ada yang ingin mengunjungi langsung, ini alamatnya

Yayasan Orhiba
Pusat : Jl. Tebet Timur 4E/1, jakarta selatan
Telp : 021-8301818
Sekretariat : P.O Box 38 Ciawi, bogor 16720, telp: 0251-7164504, 7164363.


Sumber :GHS

No comments:

Post a Comment

Loading...