30 September 2011

PERTOLONGAN PERTAMA PADA EPILEPSI

Bagi kebanyakan orang, jika mendapati seseorang yang mengalami serangan epilepsi ( grand mal maupun petit mal), reaksi pertama biasanya panik karena tidak tahu apa yang harus kita lakukan. Upaya sederhana sebetulnya bisa kita lakukan untuk membantu pengidap epilepsi saat mengalami serangan.

Tip dari WebMD ini bisa Anda terapkan :

* Longgarkan kerah bajunya.
* Jangan memasukkan sembarang benda ke dalam mulutnya karena bisa melukai.
* Usahakan menenangkan lingkungan jika terjadi suasana panik, lalu minta orang-orang menyingkir untuk memberi ruang bagi si sakit.
* Singkirkan benda di sekitar pasien, contohnya barang pecah belah, untuk mencegah timbulnya luka.
* Setelah serangan, baringkan pasien dalam posisi miring supaya aliran napasnya tetap lancar.
Setelah serangan, untuk beberapa saat pasien akan merasa bingung. Karena itu, dia jangan segera ditinggal pergi. temani dan dukung dia supaya tetap tenang dan tidak merasa malu.
* JIka serangan tidak membaik setelah lebih dari 5 menit, atau serangan berikutnya datang demikian cepat menyusul serangan pertama, Anda sebaiknya memanggil ambulans atau segera menghubungi dokter.


AGAR LEBIH MUDAH MENDAPAT PERTOLONGAN, APA YANG SEBAIKNYA DILAKUKAN PENDERITA PETIT MAL( EPILEPSI)?

* Selalu membawa obat-obatan sesuai kebutuhan. gelang khusus yang mengidentifikasikan bahwa Anda mengidap petit mal bisa juga dikenakan. hal itu akan memudahkan orang lain di sekitar Anda memberi pertolongan jika terjadi kondisi darurat.
* Pastikan saudara dan teman-teman tahu apa yang harus dilakukan bila Anda mendapat serangan.
* HIndari sesuatu yang berisiko, seperti tempat tinggi atau menjalankan mesin. Pastikan Anda tidak akan mendapatkan resiko berat jika tiba-tiba terjadi serangan.
* Anda sebaiknya tetap aktif dan terlibat dalam berbagai kegiatan, meski tetap waspada. Hindari kegiatan yang berbahaya seperti berenang atau mendaki gunung. Jika ingin bersepeda, jangan lupa gunakan helm dan alat pengaman yang lain.
* Jika mengonsumsi obat antikonvulsan dengan resep, tetap ikutilah petunjuk dokter. jangan minum sembarang obat guna menghindari efek samping akibat interaksi obat tersebut dengan obat dokter yang sedang Anda konsumsi.
* Hindari makanan atau minuman yang mengandung alkohol karena akan memengaruhi efektivitas obat yang Anda konsumsi.


Semoga bermanfaat, Salam
Sumber : GHS






No comments:

Post a Comment

Loading...