04 November 2010

KUNCI SEHAT DENGAN MAKANAN

Inilah tip yang mudah dilakukan agar sehat dan awet muda:

* BATASI KALORI

Jika kita mengasup kalori lebih dari yang dibutuhkan, kelebihan kalori akan diubah menjadi lemak. Semakin tinggi lemak dalam tubuh, semakin besar keinginan untuk makan.


* BAKAR KELEBIHAN KALORI


Agar kelebihan kalori tidak menumpuk jadi lemak, olahraga minimal 2x seminggu. Jika tidak sempat, jangan malas bergerak supaya ada kesempatan berjalan kaki.


* BATASI MINUMAN MANIS

Sumber kalori yang lumayan tinggi adalah minuman manis. Minumlah teh hijau tanpa gula. Hindari minuman ringan yang sangat manis atau sirop.


* HINDARI LEMAK JENUH DAN LEMAK TRANS


Lemak jenuh berasal dari daging merah, santan, minyak goreng. Minyak trans ada pada makanan kecil dalam kemasan dengan kandungan hdrogenatyed oil.


* HINDARI GORENGAN

Pilih camilan yang serba direbus, bukan digoreng.


* JANGAN TERTIPU METODE DIET BARU!

Di Media massa banyak bertebaran iklan yang menawarkan penurunan berat badan secara cepat tanpa olahraga dan diet. Jangan percaya, karena cara mereka tidak sehat. Cara terbaik menurunkan berat badan adalah membatasi kalori dan membakarnya dengan olahraga.


* TIRU DIET ALA PERANCIS


Orang perancis banyak mengonsumsi minyak zaitun, tomat, terong, zucchini, basil, keju ricotta, ikan dan pasta. Jenis makanan ini adalah sahabat yang baik untuk jantung.


* MAKAN TERATUR

Kunci hidup sehat adalah makan 3x sehari plus 2 x camilan. Sarapan wajib hukumnya, camilan pukul 10.00 dan 17.00. Dengan kebiasaan ini kita tidak akan makan berlebihan saat makan siang dan makan malam.


* BELI BUAH YANG SEDANG MUSIM

Cari buah yang sedang musim untuk dikonsumsi sebagai camilan atau makanan penutup.





Semoga bermanfaat, salam
Sumber:GHS



No comments:

Post a Comment

Loading...