22 March 2012

SAKIT MAAG?

Semua orang pasti pernah sakit maag. Tapi sayangnya saat mengatasi penyakit lambung ini banyak yang terjebak mitos-mitos yang belum tentu kebenarannya. Hasilnya bukan malah sembuh tapi tambah parah.

Bagi siapa saja yang tidak mampu mengatur pola makannya dengan baik dan benar atau terbiasa membiarkan perut dalam keadaan kosong, tidak lama lagi pasti akan merasakan rasa sakit perut yang begitu menyiksa.Bila maag sudah menyerang, ulu hati Anda serasa ditusuk-tusuk.Anda pun akan merasa serba salah, diisi makanan pun, lambung seolah berontak. Sementara bila didiamkan Anda akan merasa lapar plus sakit pada ulu hati. Kalau sudah begini , mau tidak mau semua aktifitas akan terhenti.

Langkah awal yang perlu Anda ketahui, adalah memahami apa itu sakit maag dan tidak terjebak dengan mitos-mitos yang menyesatkan. Karena kebanyakan penderita lebih percaya mitos dibanding mempelajari apa penyebab sakit maag dan cara tepat mengatasinya. Akhirnya, sakit maag yang di derita bertambah parah.


FAKTA DIBALIK MITOS SAKIT MAAG YANG BERKEMBANG DI MASYARAKAT


1. MITOS SAKIT MAAG ADALAH PENYAKIT RINGAN

FAKTA: Sejatinya, sakit maag yang terlalu sering kambuh dapat berdampak pada produktivitas, aktifitas harian dan kualitas hidup penderitanya.Gejala sakit maag yang tidak segera diatasi bisa menyebabkan pendarahan pada lambung, sehingga si penderita bisa muntah darah. Bahkan bisa terkena kanker lambung hingga komplikasi penyakit lain.
Menurut WHO, 1,7 milyar penduduk dunia menderita maag. Di Indonesia sendiri menunjukkan 5 dari 10 pekerja mengalami sakit maag. Jumlah yang cukup fantastis, melebihi penyakit demam berdarah, HIV,AIDS,KISTA,KANKER atau TUMOR.

2. MITOS SAKIT MAAG MURNI KARENA KESALAHAN PRIBADI.

FAKTA: Sakit ini merupakan medis dengan penyebab biologis yang riil. Bukan karena gaya hidup dan pengaruh makanan/ minuman.Buktinya ada beberapa orang yang melakukan perubahan signifikan dengan merubah gaya hidup, namun sakit maag tetap saja menyerang.

3. MITOS MAAG TIDAK BISA DIKENDALIKAN.

FAKTA: Orang yang terkena sakit maag tidak harus menderita diam-diam. Perubahan pola makan dan gaya hidup serta ketersediaan antasida yang dapat dibeli di pasaran dapat membantu meringankan derita itu.

4. MITOS PENDERITA MAAG TIDAK BOLEH BERPUASA

FAKTA: Tidak semua gangguan maag menjadi halangan untuk berpuasa. Tergantung jenis dan parahnya penyakit. Tetap konsultasikan pada dokter langganan.

5. MITOS JANGAN MAKAN YOGHURT KARENA RASA ASAMNYA

FAKTA: Yoghurt masih aman bagi mereka yang menderita penyakit maag. Rasa asam yoghurt tidak akan merangsang produksi berlebihan asam lambung dan meningkatkan iritasi pada lambung. Dalam literatur dikatakan bahwa salah satu manfaat yoghurt adalah justru mengobati sakit maag, maenyembuhkan luka pada dinding lambung.

6. MITOS BAHWA JERUK NIPIS MEMBUAT KAMBUH DAN PERUT PERIH

FAKTA:Meskipun terasa asam, air jeruk nipis sama sekali tidak membuat lambung perih. Justru mengandung khasiat dan menyegarkan. Rasa asam buah ini bersifat basa di dalam lambung dan akan membantu menetralisir asam lambung. Jadi sama sekali tidak menyebabkan sakit maag kambuh.
Rasa asam jeruk nipis berbeda dengan rasa asam buatan yang menyebabkan sakit perut, terutama jika diminum dalam keadaan perut kosong. Dengan sifat dasarnya yang basa, jeruk nipis dapat membantu penyeimbangan Ph di dalam sistem tubuh. Jeruk nipis juga mengaktifkan liver dalam proses detoksifikasi atau pembuangan racun dalam tubuh.


7. MITOS EFEK MENGUNYAH MINT SETELAH MAKAN MALAM, TIDUR JADI NYENYAK

FAKTA: Mint umumnya bukan cara terbaik memastikan tidur malam yang nyenyak bagi penderita sakit maag.
Faktanya mengonsumsi mint dikombinasikan dengan coklat dan posisi berbaring, malah memicu terjadinya gejala sakit maag berupa nyeri lambung.


8. MITOS ANTASIDA BUKAN OBAT YANG SESUNGGUHNYA

FAKTA: Sejumlah orang yakin bahwa antasida yang dijual bebas di pasaran bukanlah obat yang sesungguhnya. Antasida tetaplah obat. Anda tetap harus membaca petunjuk pemakaian. Jika digunakan sebagaimana mestinya, antasida efektif meredakan sakit maag. Benar, seperti magasida, mampu mengatasi maag, aman dan pastinya enak di mulut.
Magasida mampu melapisi lambung, mengurangi asam lambung dan membuat perut anti kembung. Keampuhannya berasal dari formula ganda Aluminium Magnesium dan Simetikon. Magasida mudah di dapat di apotik maupun toko-toko di sekitar rumah Anda.




Semoga bermanfaat, salam
Sumber:Health















2 comments:

  1. saya pernah terkena maag akut saya coba terapi herbal menggunakan temulawak, caranya ambil 50gr atau sebesar ibujari kaki orang dewasa.di potong koin dirajang (jawa). trus diseduh dengan air mendidih.diamkan sampai dingin lalu minum. sehari bisa 2x minum pagi sebelum makan,dan sebelum tidur.kenapa di potong? menurut saya jika diparut akan menghasilkan endapan berupa pati.jika diminum bisa berpengaruh pada ginjal(batu ginjal).dan puji Tuhan saya jarang sekali kambuh maag nya meskipun saya sudah jarang konsumsi.....semoga ada manfaat.trims

    ReplyDelete
  2. thnk infonya smoga bermanfaat bg smua :)

    ReplyDelete

Loading...