10 February 2011

TIPS MENGGUNAKAN SUNBLOCK YANG TEPAT

Jika kulit sering terpapar sinar matahari langsung tanpa dilindungi dengan sunblock atau tabir surya, maka akan timbul flek hitam dan warna kulit terlihat lebih gelap. Jika terus menerus akan menyebabkan penuaan dini. Mari kita simak tips bagaimana memakai sunblock yang tepat:

1. pilih sunblock yang mengandung perlindungan bagi zat berbahaya dari sinar matahari, yaitu UV-A dan UV-B. Minimal menggunakan sunblock SPF 15. Biasanya produk dengan label mengandung UV-A/UV-B filter atau SPF kurang dari 15 dikategorikan sebagai sunscreen atau krim yang hanya mengandung bahan penyaringan sinar ultraviolet. Sementara total sunblock sebagai pelindung yang memblokir masuknya sinar ultraviolet dengan kadar tinggi memiliki SPF lebih dari 15.

2. Lebih baik jika sunblock yang digunakan mengandung vitamin C yang bersifat antioksidan, serta mengandung vitamin E untuk mencegah pengelupasan kulit yang diakibatkan sinar matahari. Tabir surya yang baik memiliki tiga bahan seperti titanium dioxide, octylmethocycinnamate, dan oxybenzone.

3. Perhatikan SPF yang digunakan. jika menggunakan SPF 15, maka artinya sunblock akan melindungi kulit selama 150 menit (2,5 jam).

4. Pemakaian sunblocksebaiknya disesuaikan dengan jenis kulit. untuk kulit kering atau normal, gunakan sunblock berbentuk krim. Sedangkan untuk kulit berminyak sebaiknya gunakan sunblock berbentuk lotion/gel.

5. Sebelum mengoleskan sunblock, bersihkan wajah Anda terlebih dulu dari kotoran-kotoran yang melekat. Selain itu, kocok sunblock terlebih dulu agar kandungan didalamnya tercampur rata.

6. Gunakan krim sunblock secukupnya dan jangan terlalu sedikit. Pastikan seluruh bagian yang terpapar sinar matahari diolesi krim, termasuk telinga, belakang leher bahkan bagian kepala jika kepala Anda termasuk botak, sehingga kulit tidak belang.

7. Gunakan sunblock 30 menit sebelum beraktivitas di luar ruangan dan biarkan sunblock meresap kedalam kulit terlebih dahulu.Anda bisa mengulang pemakaian sunblock 3-4 jam kemudian agar kulit Anda tetap terlindungi oleh sinar matahari.

8. Setelah kembali berada diruangan tertutup, segera bersihkan krim tersebut agar debu dan kotoran tidak menempel lama di kulit.

9. Perhatikan tanggal kadaluwarsa produk sunblock karena jika semakin lama maka manfaatnya tidak efektif lagi. Belum tentu sunblock yang mahal memiliki kualitas yang lebih baik. Namun jangan lupa perhatikan kandungan sunblocknya.

10. Jika kulit Anda sensitif, perhatikan benar-benar bahan-bahan dan zat-zat yang terkandung di dalam sunblock.


Jangan sampai sunblock justru membuat kulit Anda rusak karena alergi!


Semoga bermanfaat,
Salam
Sumber:tips kecantikan


No comments:

Post a Comment

Loading...